Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi
menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan
untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini
melibatkan proses komunikasi visual.
Pertama, desain grafis jangan disamakan dengan
seseorangyang ahli mendesain
dengan komputer grafis (komputer hanyalah salah satu alat yang
kini banyak dimanfatkan desainer grafis. Seandainya seluruh komputer di dunia
ini crash, profesi desain grafis tetap eksis. Desainer grafis dapat mendesain
dengan tangannya, dengan jangka, dengan kamera, dengan gunting, lem dan cutter
dll sebagainya).
Kedua, dalam sejarah Desain Grafis, Istilah dan
profesi desain grafis telah hadir sebelum komputer ada di dunia ini. Istilah
Graphic Design dicetuskan oleh WA Dwiggins sekitar tahun 1920. Dwiggins sendiri
adalah seorang desainer buku.Almarhum Philip B Megs pengarang
Desain pemodelan
grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra.
Industri kreatif
dalam bidang desain grafis. Industri ini bergerak di bidang Industri desain.
Industri desain merupakan sebuah kreativitas yang memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain
interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan
jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Design grafis
merupakan salah satu industri kreatif yang memiliki peluang besar dalam dunia
usaha. Di Indonesia, industri desain grafis terbilang masih sedikit. Padahal,
kalau di lihat dari peluang usaha yang di miliki dari industri desain grafis
ini cukup besar. Seorang Grafis Desainer adalah orang yang bekerja pada bidang
desain grafis. Desain grafis sendiri merupakan suatu bentuk komunikasi visual
yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif
mungkin. Umumnya desain grafis dilakukan menggunakan perangkat komputer dan
aplikasi-aplikasi untuk mendesain. Hanya dengan bermodalkan ide, kreativitas,
dan imajinasi seseorang sudah dapat membuat sebuah desain.
Fungsi Desain Grafis
Sedikitnya ada 5
fungsi desain komunikasi visual/desain grafis.
Pertama, Informasi.
Yakni menyampaikan pesan secara jelasdan jernih.Desain membuat sesuatu mudah
dipahami, tidakmenyesatkan. Ini diterapkan dalam desain rambu lalu
lintas,desain rambu gedung (signage) di bandara misalnya. Jugadalam desain
peta, diagram, infographic. Di Barat, desainergrafis yang mengkhususkan diri di
bidang ini menyebutnyasebagai information architec, sedang disiplin ilmunya
adalah information graphic di motori oleh Richard Saul Wurman.
Kedua, Identitas.
Yakni membuat sesuatu itu memilikikarakter/kepribadian unik sehingga ia diingat
dan dikenal,bahkan disukai orang. Sesuatu disini bisa pribadi
(personalidentity) atau Institusi (Corporate Identity). Contoh desainnyaadalah
Logo, Stationary, Publikasi, dan penerapan identitaspada beragam media lainnya.
Proses desainnya bisa dilakukandengan mencari ciri khas perusahaan itu, atau
menciptakan suatu image baru. Seperti yang dilakukan Universitas Maranatha
dengan Lomba Mascotnya.
Ketiga, Fungsi Edukasi.
Desain mendidik. Educare berarti menarik keluar dari ketidaktahuan menjadi
tahu, dari tidak mampu menjadi mahir. Coba hapus peran edukasi desain
grafisini, maka kita akan mendapati betapa membosankannyamembaca buku
pelajaran, betapa melelahkannya belajar,betapa lambatnya kita belajar. Gambar
Ilustrasi dalam berbagai jenjang pendidikan dalam dalam berbagai cabang ilmu
sangatmembantu kita mempelajari suatu ilmu. LayOut/Tata letak yang baik,
pemilihan huruf yang tepat akan membuat belajar itu terasa menyenangkan.
Keempat, Fungsi Rekreatif.
Selain berfungsi memberiinformasi, identitas dan edukasi, desain grafis dapat
pulasekedar menyenangkan, menyejukkan mata, mengakrabkan suasana atau
memperindah lingkungan. Kritikus Desain Grafisterkemuka Steven Heller
menyebutnya sebagai Entertainmen Graphics. Disekitar kita banyak bidang kosong
yang perlusentuhan semacam ini. Badan mobil, motor, bis diisi garis dan bidang
menarik. Tembok kosong, lantai luas super mall, atap pabrik raksasa, semuanya
perlu sentuhan grafis jenis ini(supergraphic).
Kelima, Fungsi Persuasi.
Artinya membujuk. Di sini gambar dan huruf dimanfaatkan untuk membujuk orang
agar menganutideologi tertentu (propaganda), membeli suatuproduk/jasa/gagasan
tertentu (periklanan). Iklan Produk sudah jelas dipahami. Iklan Jasa contohnya
adalah iklan Bank,asuransi, DHL, FedEx dsbya. Selain itu iklan dapat pula
dilihatdari pebagian ILM (iklan layanan Masyarakat) yang bersifat sosial dan
IBK (Iklan Bertujuan Komersial).Apapun bentuknya,semua perlu sentuhan desain
grafis. Tokoh Periklanan dunia, antara lain Ogilvy, Leo Burnet, Claude Hopkins,
Bernbach.
Keterampilan Desain Grafis
1. Nirmana
Nirmana adalah ilmu
yang mempelajari elemen dan prinsip dari desain grafis. Untuk lebih spesifiknya
yaitu pembelajaran tentang garis, bentuk, ruang, tekstur, warna dan lain
sebagainya.
2. Typografi
Typografi merupakan
suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada
ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat
memberikan kenyamanan kepada para pembacanya.
3. Pewarnaan
Pewarnaan merupakan
hal yang penting untuk hasil karya desain grafis, karena dengan menambahkan
warna seseorangan akan memahami estetika atau keindahan dari gambar yang
dibuat.
4. Software
Software adalah
pendukung dari sesuatu yang bisa kita hasilkan, dilihat dari bidangnya software
desain terbagi menjadi dua sofware pengolah grafis dua dimensi dan pengolah
grafis tiga dimensi. Menurut medianya terbagi menjadi tiga, yaitu media cetak,
digital dan multimedia.
5. Sketch
Sketch yaitu membuat
sketsa gambar dengan tangan. Kemampuan menggambar tidak begitu mempengaruhi
hasil karya dalam bidang desain grafis, namun orisinalitas dalam menggambar
manual akan sangat memberikan efek memudahkan kita dalam mengolah karya desain
menggunakan software.
6. Kemampuan umum
Kemampuan umum
adalah kemampuan tambahan. Contohnya dalam bidang grafis seperti pengetahuan
tentang website ( website grafis seperti flickr, deviantart, website ecommerce
untuk menjual karya desain dsb )
7. Seni Visual
Ilmu yang termasuk
dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital imaging.
8. Tata Letak
Tata letak adalah
seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman, seperti
penempatan gambar dan teks. Tata letak pada sebuah karya pun sangatlah penting
karena menentukan kenyamanaan para pembacanya.
9. Desain Interaksi
Desainer grafis
bekerja sama dengan pengembang situs web atau pengembang perangkat lunak dalam
merancang tampilan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan
perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.
Aplikasi Desain Grafis dalam Bidang Transportasi
dalam dunia transportasi khususnya kendaraan , untuk
membuat berbagai jenis kendaraan tentunya kita memerlukan desain untuk hasil
yang memuaskan dimana hasil dari desain tersebut dapat di implementasikan di di
uji coba sebelum di pasarkan oleh pihak produsen, dan biasanya desain yang
digunakan untuk membuat rangka, mesin dan body kendaraan. Bukan hanya kendaraan
saja tetapi rambu lalu lintas pun memerlukan desain grafis.
Contoh Desain Grafis dalam Bidang Transportasi :
·
Sketsa pembuatan
Mobil
·
Sketsa pembuatan
Motor
·
Sketsa pembuatan
Kereta
·
Sketsa pembuatan
Pesawat
·
Rambu Lalu Lintas
·
Logo Kendaraan
·
Logo Maskapai
Penerbangan
·
Dll
Desain Grafis
Transportasi sangatlah dibutuhkan, karena di era modern ini semua orang sangat
bergantung dengan transportasi. Di era modern ini juga desain grafis dapat
disebar luas kan melalui Internet, yang memudahkan pada Desainer untuk dapat memasarkan
produknya dengan mudah. Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga
harus diimbangi dengan pemikiran positif dari penggunanya. Berikut dampak
positif dan dampak negatif dari desain grafis bidang Ahli Desain :
Dampak
positif :
·
Dapat memperkenalkan karyanya secara luas
melalui media internet.
·
Dapat dengan mudah mempelajari ilmu tentang
desain grafis serta teknik pembuatan karya-karya yang baru melaui internet.
·
Karya dalam bentuk foto dapat terlihat lebih
lembut dengan proses pengeditan.
·
Progam desain grafis yang sudah ada semakin
muktahir dan dapat menghasilkan karya yang memiliki rasa dari penciptanya.
·
Memudahkan berkomunikasi antar desainer didunia
untuk menciptakan karya yang spektakuler suatu saat nanti.
·
Memberi fasilitas yang lebih mudah untuk
menjual ataupun membeli hasil karya seni yang sudah diciptakan.
Dampak
negatif :
·
Sangat besar kemungkinan terjadi pencurian
karya (plagiat).
·
Karena progam internet yang semakin muktahir,
desain grafis akan lebih mudah ditinggalkan.
·
Membuat masyarakat lebih memilih progam
internet yang lain ketimbang desain grafis.
No comments:
Post a Comment